Lindungi Diri anda dari internet scam

Make Money online, kerja dirumah dan mendapat penghasilan besar lewat internet dan slogan-slogan lainnya seringkali membuat kita lupa akal sehat. Sehingga menjadi sasaran empuk oknum yang mencari nafkah dengan cara menipu, jika kita kena tipu tentu penyesalan yang hadir namun terlambat karena uang kita telah terbang melayang dibawa angin kabur si penipu. Di artikel ini saya ingin berbagi tips untuk melindungi diri agar terhindar dari penipuan atau scam.

Saya akan fokuskan kepada sales pages atau halaman penjualan, entah halaman itu menjual Ebook, script, service dan produk lainnya. Dan saya tidak mengatakan bahwa semua sale page adalah scam, tapi biarpun bukan scam sale page tetap sebagai calon pembeli kita harus waspada. Saya akan membeberkan logika dan cara sederhana yang saya gunakan, dan sejauh ini ampuh melindungi saya dari scam.

1. Jangan mudah percaya, jika rekan masuk ke halaman penjualan sebuah produk, yang pertama harus anda tanamkan pada diri anda ialah sikap jangan mudah percaya pada semua janji-janji si penjual. Tanamkan sikap skeptis karena si penjual bukanlah orang yang kita kenal (dia adalah orang asing), hal ini akan mendorong anda untuk bersikap kritis terhadap semua yang ditampilkan di sale page. Ingat! Teman dan keluarga saja bisa menipu apalagi orang asing.

2. Bersikap kritis, perhatikan semua janjinya dan apa yang ia tampilkan di sale page. Jika ditemukan hal yang tidak masuk akal dan keganjilan, maka lebih baik segera tinggalkan.

3. Cari komentar dan pendapat orang lain lewat Google, jika anda masih penasaran dengan produk si penjual dan merasa ilmu anda belum cukup untuk menjawab keganjilan yang anda temukan di sale page, maka lakukan search di Google untuk mengetahui pendapat orang tentang produk tersebut. Lalu kumpulkan pendapat tersebut buat pertimbangan dan lebih bagus lagi pelajari seluk beluk produk itu.

4. Tanya kepada teman atau pihak yang anda yakin kompeten, jika anda masih ragu akan informasi yang telah anda kumpulan. Anda bisa tanyakan ke pihak yang lebih kompetenm hubungi mereka langsung lewat IM atau media komunikasi lainnya, tanyakan seputar produk tersebut dan cara kerjanya secara empat pata.

5. Cari informasi produk sipenjual di Google, siapa tahu ada blogger luar negri atau dalam negri membahas masalah yang sama. Jika begitu, berarti produk tersebut kemungkinan besar adalah pengetahuan umum seperti Adsense contohnya. Jika produk tersebut merupakan pengetahuan umum, buat apa kita mengeluarkan uang untuk membeli produk yang sudah diketahui seluk beluknya dan dibahas secara luas dan dalam.

6. Selidiki profil dan background si Penjual, apabil semua data terkumpul dan anda merasa produk tersebut memang pantas untuk di beli. Cara terakhir atau bisa juga dijadikan cara pertama, yakni cari informasi mengenai siapa orang dibalik produk ini. Bagaimana track recordnya selama ini, apakah ia pernah terlibat penipuan sebelumnya atau namanya harum seharum bunga bangkai melati?

7. Layanan tanya jawab, keluhan dan tanya member lain, tips ini saya taruh dibagian akhir karena biasanya sulit ditemui. Layanan tanya jawab yakni berinteraksi dengan si penjualnya langsung atau pegawainya, lalu media menerima keluhan dan tanyakan ke member lain yang biasanya dapat ditemukan di bagian testimoni. Kenapa saya katakan sulit? Karena umumnya (Setidaknya menurut pengalaman pribadi) sales page jarang sekali memberikan email nyata, dan member-member yang bertestimoni umumnya hanya foto dan alamat, sehingga mustahil tuk di cross check.

Itulah 7 tips sederhana dan yakinlah bahwa nyari duit tidak mudah, baik cari duit online maupun offline, maka waspadalah dengan janji muluk bahwa anda akan mendapat penghasilan wah setiap minggu atau setiap bulan hanya dengan kerja di depan monitor beberapa jam setiap hari. Bohong kalau ada janji-janji muluk seperti itu, seorang entrepreneur dan internet marketer paling top sekalipun pun harus banting tulang dan memeras otak untuk mendapatkan hasil maksimal. Jikalau mereka mendapatkan semua kebebasan finansial sekarang ini, itu semua hasil proses trial and error yang panjang yang menghisap tanaga, uang dan waktunya.

Mungkin anda akan balik bertanya, maka itu bi dalam Ebook-nya si penjual (yang mungkin seorang internet marketer handal) membeberkan semua rahasia sehingga kita tidak harus melalui proses panjang dan trial and error. Memang benar, dengan EBook itu si pembeli dapat menghemat waktu dan tenaga, perlu anda ketahui bahwa hemat waktu dan tenaga bukan berarti tanpa usaha ingat itu!

Semua orang pasti tidak ingin kena tipu bahkan sipenipu sendiri tidak mau kena tipu, maka, lindungilah diri anda, teman dan keluarga dari penipuan.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: