Solusi untuk Mencegah & Menghilangkan Kantuk

Kantuk atau mengantuk memang hal yang paling ditunggu-tunggu kala kita akan pergi tidur,, namun bila kantuk itu datang disaat yang tidak tepat misalnya saat kita bekerja, belajar, kuliah, seminar, atau pertemuan-pertemuan lainnya yang membutuhkan konsentrasi penuh?? Apakah kantuk itu masih kita harapkan?? (masih,, klo dosen yg ngajarnya membosankan,,heuheu..)

Kantuk menurut para ahli terjadi karena berkurangnya pasokan Oksigen dan bertambahnya Carbondioksida bebas di udara, karena itu kerja otak dan sisitem pernapasan semakin berat, tubuh pun menjadi lebih panas karena meningkatnya metabolisme tubuh. Intinya otak kekuarangan oksigen dan suasana menjadi nyaman untuk tidur..

Adapun solusi yang bisa anda coba untuk menghilangkan rasa kantuk ini:

  • Biasakan sarapan pagi agar otak segar dan bias berkonsentrasi dengan penuh,, perbanyak makanan yang mengandung protein daripada karbohidrat, karena protein baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Jangan lupa minum segelas jus atau sari buah untuk menyeimbangkan gizi yang masuk ke dalam tubuh.
  • Lakukan olahraga ringan agar otot-otot tubuh tidak mudah lelah sehingga membuat otak tidak cepat lelah juga. Usahakan olahraga yang bukan hanya menyegarkan tubuh, tapi juga otak seperti brain gym.
  • Saat kegiatan berlangsung (bekerja, kuliah, rapat, seminar, dll) usahakan pusatkan perhatian pada kegiatan tersebut, buatlah kegiatan itu menarik, misalnya memikirkan pertanyaan apa yang akan ditanyakan, Dengan cara ini , kita dilatih untuk mendengar dan mencari titik lemah utnuk dipertanyakan, meskipun nanti akhirnya tidak akan ditanyakan, paling tidak rasa kantuk bisa dicegah. (melihat sesuatu yg lucu jg bisa, mis. Liat temen yg sama2 ngantuk, expresi mereka kan lucu tuch,heuheu..)
  • Makan permen atau cemilan yang tersedia,, dengan begitu pusat perhatian bukan hanya di mata tapi juga di mulut. Karena dengan cara ini otot mulut dan kerongkongan akan bergerak dan terangsang sehingga tidak diam. Tapi juga jangan sampai perut merasa kenyang karena terlalu kenyang juga akan menyebabkan rasa kantuk. Permen karet juga bisa dijadikan pilihan.
  • Tinggalkan tempat kegiatan tersebut sejenak. Mungkin otak kita butuh sesuatu yang segar dan baru, sehingga saat kembali beraktifitas otak pun dalam keadaan segar. (tapi jgn ampe kelamaan y, keburu kuliahnya selesai!)
  • Bila ada hal yang perlu dicatat, gunakanlah tinta yang berwarna cerah untuk menulis. Bisa juga dapat menggunakan metode maping dengan menambahkan gambar. Dengan cara ini kita akan merasa santai mengikuti acara sampai selesai. (gambarnya yang bersangkutan dengan materi y, jgn yg lain”!)
  • Bila kita sering mengantuk di siang hari, mungkin karena kebiasaan kita yang sering tidur di siang hari. Tubuh mempunyai jam biologis yang dapat mencatat kegiatan kita sehari-hari. Jadi jangan dibiasakan tidur di siang hari walaupun kita sedang libur kerja atau kuliah.
  • Hindari stress, karena dengan stress tubuh akan cepat merasa lelah sehingga akan cepat merasa ngantuk. Gunakan hari libur dengan sebaik-baiknya agar dapat kembali fit saat hari-hari sibuk datang.
  • Perhatikan kualitas tidur kita,bukan kualitas. Buatlah tempat tidur anda senyaman mungkin sehingga walapun tidur kamu Cuma bentar tapi cukup bias mengembalikan stamina tubuh dan otak kamu.
  • Jangan biasakan minum kopi atau suplemen yang menjanjikan dapat mencegah ngantuk. Jangan gantungkan hidupmu pada obat,, makanan yang sehat dan bergizi sudah lebih dari cukup untuk menjadi kesehatanmu. (cobain food combining..)

Semoga Bermanfaat dan Selamat mencoba y..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: