Perlunya mengenal diri sendiri

perlukah mengenal dirisendiriTerkadang begitu ingin kita mengenal seseorang…sampai lupa untuk mengenali diri kita sendiri… Kenapa ya sering menjadi seperti itu…? Padahal lebih baik kita mengenal diri kita sendiri dulu baru sesudahnya kita mengenal orang lain…. Mengenal orang lain menjadi lebih menarik karena menimbulkan rasa penasaran didalam diri kita… itu yang membuat mengenal diri sendiri menjadi suatu hal yang kurang menarik… bagaimana mau penasaran sedangkan kita berurusan dengan diri kita setiap saat…. Kira-kira apa sih yang harus kita perbuat supaya kita lebih mudah untuk mengenali diri sendiri… Bisa dimulai dengan menyediakan banyak waktu untuk menyimak diri kita… tentang …,yang sudah dilakukan,…yang sedang dilakukan,…. dan yang akan dilakukan,….


Bila kita berada pada pernyataan yang pertama…yaitu ‘yang sudah dilakukan’…, maka otomatis kita akan kembali untuk melihat apa yang sudah terjadi… nah ini berguna untuk media kita memperbaiki diri atas kesalahan dan kekhilafan yang mungkin sudah kita perbuat… yang dapat digunakan untuk menjadi pelajaran supaya kesalahan tersebut tidak kita ulangi diwaktu yang akan datang… Lanjut ke…‘yang sedang dilakukan’… kalau ini bisa memudahkan kita untuk mengetahui apa yang kita perlukan untuk menjalani kehidupan sehari-hari… sehingga kita dapat lebih mudah mencukupi apa yang dibutuhkan diri kita setiap harinya. Untuk yang ketiga….tentang ‘yang akan dilakukan’…. akan sedikit memaksa diri kita untuk memikirkan masa depan… sehingga kita memiliki cita-cita dan harapan hidup… apalah artinya kehidupan yang kita jalani tanpa memiliki suatu tujuan dan harapan kan….


Tidak sulit untuk mengenali diri kita sendiri… Itulah perlunya kita lebih baik mengenali diri sendiri dulu…. sebelum kita repot-repot mengenal orang lain…. sebab orang yang ingin kita kenali belum tentu mau untuk kita kenali lebih dalam…. malah bisa jadi kita akan mengganggu privasinya… Selain itu dengan belajar mengenali diri kita sendiri… membuat kita akan lebih menghargai diri kita sebagai ciptaanNya yang sempurna… sehingga kita akan selalu teringat untuk mensyukuri segala nikmat yang diberikan olehNya kepada kita masing-masing….. (Nn)

Sumber disini

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: