Banyakkah Manfaat Saat Kita Bangun Di Pagi Hari

Bangun di pagi hari bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Kebanyakan ini terjadi di kalangan mahasiswa yang jauh dari rumah orang tuanya alias nge-kos. Serasa mendapatkan kebebasan yang sebebas-bebasnya, para mahasiswa ini memanfaatkan waktu luang mereka di malam hari dengan terjaga sampai pagi datang dan di pagi hari mereka tertidur sampai siang hari. Kebiasaan buruk ini kadang sulit dihilangkan. Tak jarang mahasiswa yang prestasinya memburuk karena tak bisa bangun di pagi hari dan mengikuti kuliah pagi itu. Hal ini sebenarnya bisa diatasi bila ada niat dan kemauan yang kuat untuk bangun di pagi hari.

Ada beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari terbangun di pagi hari seperti:

  • Bangun dipagi hari akan membuat tubuh lebih sehat. Menghirup udara yang masih segar dapat membantu mengumpulkan cadangan energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Bila kita bangun pagi, kita akan sempat berolah raga meskipun waktunya hanya beberapa menit saja.
  • Karena waktu kita tidak dikejar-kejar rasa takut terlambat masuk kuliah maka pikiran kita pun akan lebih enjoy menghadapi hari. Ini sangat berpengaruh pada aspek psikologis kita, jiwa kita. Selain tubuh kita yang segar kembali, pikiran kita pun akan segar kembali bila melihat suasana pagi yang tenang dan damai, belum tercampur polusi dan masalah yang dapat menekan kehidupan kita.
  • Dengan bangun pagi, kita akan punya banyak waktu untuk bersyukur. Bersyukur karena Allah masih mengizinkan kita untuk terbangun di pagi hari, dan memulai hidup agar lebih baik dari kemarin. Bayangkan bila kita bangun terlambat, boro-boro bersyukur, mandi z g sempet!!
  • Ada banyak waktu yang terbuang di pagi hari bila kita melewatkan pagi dengan hanya tertidur. Padahal banyak kegiatan yang bisa dikerjakan di pagi hari. Misalnya mengerjakan tugas untuk siang hari atau esok hari agar tugas kita bisa cepat selesai. Mungkin kita bisa selangkah lebih maju bila kita bisa memanfaatkan waktu pagi dengan sebaik-baiknya.

Dan yang terpenting, tidur memang hal yang sangat diperlukan manusia. Tapi bila kadarnya berlebihan akan menyebabkan efek yang negatif. Dan hal yang paling disayangkan bila kita tidak bangun di pagi hari adalah WAKTU. Bagaimanapun, walaupun kelihatannya sepele, tapi waktu adalah hal terpenting dalam hidup ini. Siapa yang bisa memanfaatkan waktu maka ialah yang dikatakan berhasil. Dalam hal apapun. Manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya, di antaranya adalah dengan bangun pagi dengan porsi tidur yang sesuai.

Ref:
• Dari berbagai sumber.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: