Definisi E-Learning

E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain. Untuk menyampaikan pembelajaran, e-learning selalu diidentikkan dengan penggunaan internet. Namun sebenarnya media penyampaian sangat beragam dari internet, intranet, cd, dvd, mp3, PDA, dan lain-lain. Penggunaan teknologi internet pada e-learning umumnya dengan pertimbangan memiliki jangkauan yang luas. Ada juga beberapa lembaga pendidikan dan perusahaan yang menggunakan jaringan intranet sebagai media e-learning sehingga biaya yang disiapkan relatif lebih murah.

E-Learning bisa mencakup pembelajaran secara formal maupun informal. E-Learning secara formal, misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati.

Ada beberapa keuntungan menggunakan pembelajaran e-learning, diantaranya:
menghemat waktu proses belajar mengajar, mengurangi biaya perjalanan, menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku), menjangkau wilayah geografis yang lebih luas, serta melatih pelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

Ada beberapa konsep yang melatar belakangi pembelajaran e-learning untuk kegiatan pendidikan, dan beberapa diantara sudah banyak ditetapkan di sekolah-sekolah baik tingkat dasar maupun tingkat menengah, apalagi di perguruan tinggi. Salah satu konsep pembelajarannya adalah Virtual Class. Virtual Class adalah teknologi yang memungkinkan adanya kelas maya atau Virtual class. Kelas maya ini adalah penyelenggaraan proses belajar mengajar dari jarak jauh dengan memanfaatkan beberapa software khusus yang dihubungkan melalui jalur internet. Salah salah satu diantaranya adalah dengan teknologi Video Cronfrence.

Bagi mahasiswa teknik informatika yang menggunakan pembelajaran virtual class penerapannya agak sedikit berbeda. Untuk Mata Kuliah Jaringan Komputer yang ada di Jurusan Teknik Informatika, mahasiswa bisa melaksanakan kuliah dimana saja dengan beberapa ketentuan yang berlaku. Menggunakan aplikasi web based, yaitu vc.ncc.its-sby.edu sistem perkuliahan menjadi sangat menarik karena disediakan beberapa fitur yang bisa digunakan secara personal oleh masing-masing mahasiswa. Semua fitur yang disediakan bertujuan untuk membantu mahasiswa melakukan pengaturan terhadap mata kuliah yang diambil terutama mata kuliah yang menggunakan sistem virtual class ini.

Sumber :

Agustinus, S. (10 November 2008). Pengertian e-learning. Diakses dari http://agusantoso. wordpress.com/2008/11/10/pengertian-e-learning/, tanggal 21 Maret 2010.

Anonim. (2009). Blog bahan kuliah dan makalah. Diakses dari http://www.tugaskuliah.info/ 2009/07/makalah-e-learning.html, tanggal 21 Maret 2010.

Parvian. (13 Juli 2008). Penerapan e-learning di Indonesia : virtual class di Fakultas Teknologi Informasi. Diakses dari http://parvian.wordpress.com/2008/07/13/penerapan-e-learning-di-indonesia/, tanggal 21 Maret 2010.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: