Pembuatan GAME 3D Berbasis M3G Pada Handphone Berbasis Java

Dalam tugas ini akan dibahas mengenai pembuatan game 3D pada handphone yang menggunakan M3G (Mobile 3D Graphics) sebagai API. Hadirnya M3G memungkinkan kita untuk menampilkan objek 3D pada handphone. M3G cukup fleksibel dan juga simpel (sederhana) untuk pengembangan aplikasi 3D. Objek dapat didesain dengan aplikasi pemodel 3D yang sudah ada, kemudian dapat dimuat ke aplikasi dengan menggunakan M3G.

Kemampuan M3G seperti ini memudahkan kita untuk merancang suatu aplikasi 3D terutama game. Pada game ini, pemain akan berperan sebagai pengantar pizza yang bertugas mengantarkan pizza ke beberapa pelanggan/customer sekaligus dengan limit waktu yang ditentukan.

Agar pemain dapat bereksplorasi pada dunia 3D, maka dalam game ini pemain diperbolehkan bergerak ke mana saja untuk mengantarkan pizzanya. Permainan akan berakhir jika pemain tidak sanggup lagi mengantarkan pizza sesuai dengan limit waktu yang tersedia. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan tugas akhir ini terdiri atas beberapa tahapan.

Tahap pertama adalah

  • membuat objek 3D dengan menggunakan aplikasi 3D modeling yang sudah ada.
  • Setelah semua model 3D jadi, maka tahap berikutnya adalah memuat objek 3D tersebut ke dalam aplikasi. Selanjutnya, aturan-aturan (rule) diprogramkan sehingga menjadi suatu game yang matang dan siap dimainkan. Tahap terakhir adalah uji coba, untuk memastikan apakah konsep-konsep pada game sudah berjalan sebagaimana mestinya sesuai yang diinginkan.
  1. wah sulit tuh

      • dropsis
      • April 29th, 2010

      memang begitu sulit, Jika semua itu sudah anda praktikan. hal yang di angap sulit pun bisa di bilang mudah.
      Bisa karena sudah terbiasa

      smoga menjadi penyemangat anda

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: